poets&fanfiction competition

[EVENT for MOVIE-FREAKS] Poet & Fanfiction Contest!

Halo lagi Movie-Freaks! Dalam rangka menyambut ulang tahun kelima IFK (yang masih tiga bulan lagi), IFK mengadakan tiga jenis lomba untuk kalian. Salah duanya adalah:

WANTED! POET FOR TRAILER

&

5th FAN FICTION CONTEST!

Mau tahu lanjutannya? Cek & ricek!


TAHUN INI EVENT ULANG TAHUN IFK YANG KELIMA BERTEMAKAN

Colour Rivers

Setiap hal di dunia ini memiliki warnanya sendiri—manusia, binatang, bahkan benda-benda. Setiap warna dan aspek-aspek yang memengaruhi dan dipengaruhi olehnya memiliki cerita masing-masing yang bercabang-cabang selayaknya anak sungai. Bisa dilihat dari sudut pandang harfiah, filosofis, atau opini sendiri.


Poet for Trailer

Buatlah satu puisi (boleh bahasa Indonesia, boleh bahasa Inggris) yang sesuai dengan tema IFK. Puisi yang terpilih akan dijadikan narasi dalam trailer (video teaser) anniversary IFK. Nama kamu juga akan ditulis di trailer-nya!

Puisi dimasukkan ke dalam dokumen Ms. Word dan dilampirkan ke-email. Untuk pencarian puisi ini tidak perlu mendaftar di kotak komentar. Scriptwriter Tetap juga boleh ikutan, kok! Penilaian akan dilakukan dengan objektif.

kirim ke: ifkevent@yahoo.com dengan subjek POET TRAILER – NAMA PENGIRIM.

Deadline: 15 Juli 2016 pukul 23:59 WIB.


5th FANFICTION COMPETITION!

Untuk tahun ini, teman-teman cukup membuat satu cerita dengan words sebanyak 500-2000 words. Tetapi ceritanya harus menggunakan salah satu dari tiga sudut pandang ini:

A. Anak Kecil (1-7 tahun)

B. Orang Tua (70 tahun ke atas)

C. Binatang / Serangga / Benda / Tumbuhan

Dengan begitu, otomatis melalui sudut pandang orang pertama atau orang ketiga.

Contoh: “Setiap detik yang dilewatkan Pak Belalang di daun itu terasa menyenangkan. Bla bla bla….”

Tema cerita adalah “Warna-Warni Kehidupan

SYARAT CERITA

  1. Pilih satu di antara ketiga sudut pandang.
  2. Genre bebas.
  3. Cast harus ada minimal 1 Korean (GB / BB / Solo / Rapper / Aktor / Aktris / Komedian / Public Figure Korea / Variety or Reality Star / Manusia-Manusia Korea lainnya yang jelas beliau-beliau ini ada di kehidupan nyata). Tidak boleh menggunakan Original Character (OC), kecuali untuk para binatangnya.
  4. Rating bebas, namun NC, Yaoi, Yuri dan Genderbender tidak diperbolehkan. Maksimal PG-17.
  5. Satu peserta hanya boleh mengirimkan satu fanfiction.
  6. Satu fanfiction hanya boleh dikerjakan oleh satu orang.
  7. Fanfiction yang dikirim adalah hasil buatan sendiri, bukan plagiat dan belum pernah di-publish di mana pun. Fresh from the oven!
  8. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai EYD, jika ada kata-kata dalam bahasa asing, di-italic.
  9. Tidak mengandung unsur SARA ataupun menjelekkan pihak lain.
  10. Tidak wajib menggunakan poster/cover. Tapi poster/cover adalah poin tambahan.
  11. Cantumkan identitas fanfiction di halaman paling depan (Judul, Nama Scriptwriter, Cast, Genre, Rating)

SYARAT LAINNYA

  1. Mendaftar di postingan ini dengan menuliskan: Pen-Name + Username/E-mail yang digunakan untuk berkomentar di WordPress sekaligus e-mail yang digunakan untuk mengirim fanfiksi nanti (e-mail harus aktif digunakan paling tidak sampai Desember 2016) + Sosial media yang bisa dihubungi. (LINE/twitter/instagram)
  2. Follow sosial media IFK (twitter: @Indofanfictkpop / LINE: @fmg1516d)
  3. Sudah berkomentar minimal di empat fanfiksi di IFK. Komentarnya bukan hanya “bagus” “seru” “lanjut” tetapi mengungkapkan ekspresi dan saran untuk penulisnya. Tidak perlu panjang-panjang, semampunya saja. Ini masuk ke dalam penilaian kepribadian untuk menjadi scriptwriter IFK. Kenapa jumlahnya banyak? Karena kami mau yang jadi scriptwriter nanti sudah kenal IFK. Mengenal IFK salah satunya dengan cara membaca karya-karya di dalamnya.🙂
  4. Semua ini bisa dikerjakan sebelum deadline pengiriman fanfiksi berakhir.
  5. Dan setiap peserta akan diperiksa kelengkapan syaratnya!

PENILAIAN CERITA

Fanfiction yang dikirim akan dinilai oleh IFK Crews. Poin-poin yang dinilai adalah:

  • Kreativitas Judul
  • EYD
  • Alur
  • Ide cerita
  • Karakterisasi
  • Kekentalan penggunaan sudut pandang (cara berpikir tokoh, dsb)

Setelah itu akan diseleksi tujuh fic terbaik, dimana ketujuh fic tersebut di-publish di IFK tanggal 5 September 2016 untuk di-voting oleh movie-freaks dengan sistem like dan comment. Hasil voting akan digabungkan dengan hasil penilaian juri, sehingga menjadi hasil akhir.

HADIAH

1st

ALBUM K-POP MINI-ALBUM (Boleh BB/GB/SOLO ARTIST apa pun asal masih ada di pasaran dan berharga maksimal Rp. 220.000,-) + Menjadi scriptwriter tetap IFK (optional)

2nd

ALBUM K-POP SINGLE (Boleh BB/GB/SOLO ARTIST apa pun asal masih ada di pasaran dan berharga maksimal Rp. 190.000,-) + Menjadi scriptwriter tetap IFK (optional)

3rd

BUKU PILIHAN PEMENANG atau BUKU IFK + Menjadi scriptwriter tetap IFK (optional)

Dan nantinya beberapa SC Favorit akan dipilih menjadi scriptwriter tetap IFK.

WAKTU PENGIRIMAN FANFICTION

9 Juli 2016 – 17 Agustus 2016, pukul 23.59 WIB

Kirim ke:

ifkevent@yahoo.com

Di-attach dengan format ms. Word 1997-2003 dengan nama dokumen beserta subyek/judul e-mail:

Judul Fanfiction – Sudut Pandang A/B/C – Nama Scriptwriter
contoh: LOL Grandpa – B – kihyukha

Catatan: Saat mengirim fanfiksi, sertakan juga Album K-POP apa yang kalian mau dan buku yang diinginkan (Jika nantinya menang) di badan e-mail.

Ditunggu partisipasi kalian semua! 

ifksignature

P.S: Terus event ketiganya apa? D I T U N G G U  S A J A (muncul sekitaran Juli). Yang pasti masih berhadiah!

Ada pertanyaan? Layangkan di kotak komentar!

#MakeIFKGreater

209 thoughts on “[EVENT for MOVIE-FREAKS] Poet & Fanfiction Contest!”

  1. hai kak, mau tanya, kalo seandainya kita menang nanti dan jadi SC tetap di sini ketentuannya gimana ya? apakah harus on sesering mungkin dan post fanfic terus?
    maaf kalo pertanyaannya agak gimana, tapi mohon penjelasannya ya kak, makasih (:

    Suka

    1. Oh jadi SC IFK itu aturannya cuma tiga:
      1) Stay in contact, sering-sering ngobrol aja sama anak ifk via sosmed atau apa punn. Kita ada grup line kok
      2) Kalau mau hiatus, ada kendala, jgn lupa kasih kabar paling ngga aku harus tauu
      3) Author tulis scriptwriter dan length tulis duration
      Sudah sisanya terserah. Mau gabung 100 blog lain silakan, mau post sekali setahun silakan, asalkan jelas alasannya kenapaa jd kalo lama ga keliatan paling ngga aku tau kenapa, heheh. Tapi ya pas taun pertama ada lah 1-5 ff yang dipost, mau ff lama juga takapa kokk. Tujuannya toh untuk mengenalkan diri ke pembaca ifk, hehe

      Disukai oleh 1 orang

      1. oalah gitu, oke aku daftar ya kak~
        1. Pen-Name: elisomnia
        Username: elisomnia
        E-mail: elisarani63@yahoo.com
        Sosial media:
        – Line -> nggak punya
        – twitter -> @elyxeuraahr
        – instagram -> @elyxeura

        2. sudah follow twitternya IFK tapi tidak dengan Line (karena Line nggak punya, maaf)

        3. sudah berkomentar di beberapa fanfiksi

        Suka

  2. waaaaahhhh~ akhirnya ada event lagi, dari dulu gak sempet ikut dah telat dan gak punya ide nih/? yaw/? meskipun telat banget, tapi aku daftar yaaa…dan mau nanya/? twitterku unactive banget, nyaris gak pernah dibuka tetep harus follow dan disertakan di form kah? terus….comment bahelaku banget kehitung gak? tapi kalo gak gapapa sih, lumayan buat liat-liat ifk yang sekarang/?

    Pen name: alfykmn
    Username: alfykmn
    E-mail: alifia_bagas@yahoo.com
    Line id: alfykmn / ig : jaemi_park

    Suka

    1. SEMANGAT YAAAA. Gapala kok kalo twitternya unactive ngga juga gapapaa. Komen baheula terhitung, dont worry! Tapi coba aja atuh baca fic di sini lagi heuheu kan banyak sc tetap baru juga :3

      Suka

      1. hai kak huhuhu, aku udah kirim cuma kebablasan klik send sebelum masukkin cover. udah aku kirim ulang lagi jadi ada dua email(?) kalo diperbolehkan tolong diterima(?) dan buka email yang kedua karena itu ff plus cover lengkap benar(?), kalo nggak gak apa-apa ((please jangan sampe gak boleh)) makasih:((( //initakutbangetserius

        Suka

      1. Sebelumnya makasiiiih bnget atas kesempatannya :’))) tp kayakny aku udah ga ada kesempatan hehe sbnernya dua minggu ini laptopku sedang diservice krn gangguan kongsleting. hari ini niatny aku mau pinjem laptop temen ngebut nyelesein naskah trus wifian. tp pagi tadi aku dpt kabar kalau sidang skripsiku 2hari lg. aku ngeblank dan naskah terbengkalai. X,D
        jadi aku kirim doa aja, smoga event ifk lancar jaya sentosa yaaaa😉

        Suka

Leave Your Review Here!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s